Home / Berita / Akreditasi Perpustakaan UNPAR

Akreditasi Perpustakaan UNPAR

Pengelolaan perpustakaan di Indonesia berpedoman pada Standar Nasional Perpustakaan yang diterbitkan oleh Perpustakaan Nasional Republik Indonesia. Termasuk Pengelolaan Perpustakaan Perguruan Tinggi. Pustakawan di Perpustakaan Universitas Katolik Parahyangan mengupayakan mengelola Perpustakaan dengan mengikuti Standar Nasional Perpustakaan. Sebagai upaya mengukur penerapan Standar Nasional Perpustakaan di Perpustakaan Universitas Katolik Parahyangan, pada tanggal 24 Agustus dan 3-4 September 2020 Perpustakaan Universitas Katolik Parahyangan mengikuti rangkaian kegiatan Pra Akreditasi dan Akreditasi dibawah koordinasi Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Barat.

Pra Akreditasi Perpustakaan

Sebelum mengikuti akreditasi, Perpustakaan Universitas Katolik Parahyangan mengikuti kegiatan Pra Akreditasi yang diselenggarakan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsiapan Provinsi Jawa Barat pada tanggal 24 Agustus 2020. Kegiatan ini dilaksanakan untuk mempersiapkan Perpustakaan peserta akreditasi dalam pengisian instrumen dan menyajikan bukti fisik. Pra Akreditasi diselenggarakan di Hotel Shakti dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Setiap Perpustakaan calon peserta akreditasi, mendapat bimbingan dan arahan dari pustakawan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Barat. Perpustakaan calon Peserta akreditasi dituntun untuk melihat satu per satu butir-butir instrumen dan diperiksa pula kelengkapan bukti fisik yang telah disiapkan. Perpustakaan Universitas Katolik Parahyangan pun mendapatkan beberapa arahan terkait kelengkapan bukti fisik.

Akreditasi Perpustakaan

Pelaksanaan Akreditasi Perpustakaan diselenggarakan 10 hari berselang dari kegiatan Pra Akreditasi, tepatnya pada tanggal 3 dan 4 September 2020. Di tanggal 3 September 2020, dilakukan asesmen oleh asesor. Kegiatan akreditasi hari pertama ini berlangsung di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Barat, diikuti oleh sejumlah Perpustakaan dari berbagai jenis Perpustakaan di Provinsi Jawa Barat. Asesi terhadap Perpustakaan Universitas Katolik Parahyangan dilakukan oleh Ketua Lembaga Akreditasi Perpustakaan Nasional Perpusnas RI yaitu Bapak Drs. Tisyo Haryono, MLS.

Tanggal 4 September 2020, kegiatan akreditasi dilanjutkan dengan melakukan visitasi ke lokasi Perpustakaan. Mengingat masih dalam upaya pencegahan penyebaran Covid-19, visitasi hanya dilakukan kepada 5 Perpustakaan yang berlokasi di Kota Bandung. Satu diantaranya adalah Perpustakaan Universitas Katolik Parahyangan.

Visitasi Perpustakaan Universitas Katolik Parahyangan dilakukan oleh Bapak Drs. Tisyo Harsono, MLS dan Ibu Widiyati Kania, S.Sos., MP. Visitasi dimulai sekitar Pukul 09.00, diawali dengan pembukaan yang dihadiri oleh Wakil Rektor Bidang Akademik Bapak Tri Basuki Joewono, Ph.D. Selesai penyambutan dan pembukaan, kegiatan dilanjutkan dengan melihat langsung kondisi perpustakaan dan uji layanan yang disediakan diantaranya uji buku tamu, melakukan pencarian di katalog online dan mencari keberadaaan koleksi di rak, mengecek ketersediaan koleksi jurnal elektronik dan jurnal tercetak. Pada kesempatan ini, hadir pula perwakilan dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Barat. Kegiatan visitasi ditutup dengan makan siang dan foto bersama.

Pelaksanaan akreditasi ini, menjadi langkah yang baik agar Perpustakaan Universitas Katolik Parahyangan dikelola lebih baik lagi sesuai dengan standar dan harapan demi terwujudnya layanan prima kepada sivitas akademika.