Home / Berita / Literasi Informasi: Pelatihan Pemanfaatan Reference Manager Mendeley

Literasi Informasi: Pelatihan Pemanfaatan Reference Manager Mendeley

Menulis karya ilmiah merupakan bagian tak terpisahkan pada proses pendidikan di perguruan tinggi. Penulisan karya ilmiah berkaitan dengan aktivitas pengumpulan sumber referensi, pembuatan sitasi dan daftar pustaka. Ketiga aktivitas ini cukup membutuhkan waktu dan energi jika dilakukan secara manual.
Saat ini tersedia berbagai program reference manager untuk memudahkan mengelola sumber referensi dan mengotomasi pembuatan sitasi serta daftar pustaka. Satu diantaranya adalah Mendeley.

Didasari kondisi tersebut, Perpustakaan UNPAR menyelenggarakan Pelatihan Pemanfaatan Reference Manager Mendeley. Kegiatan ini menyasar mahasiswa dan dosen di lingkungan UNPAR. Pelatihan dilaksanakan dalam 2 batch pada tanggal 27 April 2019 dan 4 Mei 2019. Dihadiri oleh 47 peserta.
Pada pelatihan ini, peserta dipandu melakukan instalasi Mendelely desktop, instalasi web importer, instalasi MS word plugin, membuat akun Mendeley, menambahkan sumber referensi pada akun mendeley baik secara manual maupun otomatis melalui web importer, membuat sitasi, dan membuat daftar pustaka secara otomatis.

Semoga dengan mempelajari Reference Management Mendeley dapat memudahkan dalam proses penyusunan karya ilmiah.
Sampai berjumpa kembali di kegiatan Perpustakaan lainnya.