Home / Berita / Literasi Informasi : Penelusuran dan Evaluasi Sumber Informasi

Literasi Informasi : Penelusuran dan Evaluasi Sumber Informasi

Perkembangan teknologi saat ini membawa perubahan pada bentuk informasi dan cara mendistribusikannya. Informasi tak melulu diperoleh melalui buku tercetak. Informasi dapat diperoleh dengan mudah dimana dan kapan saja dalam bentuk digital. Tetapi tidak semua informasi yang diperoleh dapat begitu saja dijadikan rujukan ilmiah. Karenanya diperlukan kemampuan untuk dapat menelusur informasi secara efektif dan efisien dari sumber yang tepat.

Berkenaan dengan kondisi tersebut, perpustakaan UNPAR menyelenggarakan kegiatan Literasi Informasi dengan topik Penelusuran dan Evaluasi Sumber Informasi. Kegiatan ini diselenggarakan pada hari Sabtu tanggal 30 Maret 2019, 6 April 2019, dan 13 April 2019 di Ruang Perpustakaan Gedung 9 Lantai 2. Kegiatan diikuti oleh 183 orang mahasiswa Fakultas Teknologi Industri angkatan 2016 dan 2017.

Informasi yang diberikan adalah menelusur informasi dari sumber informasi (ejournal, ebook) yang dilanggan oleh UNPAR, Kemenrsitekdikti, dan Perpusnas; menelusur informasi dari free resources database; tips melakukan pencarian di search engine; dan tips mengevaluasi website. Peserta pun dipandu untuk membuat akun di database Springer (agar dapat mengakses dari luar lingkungan kampus UNPAR), membuat akun MyResearch di Proquest dan mendaftar keanggotaan Perpusnas.

Terima kasih untuk antusias dari peserta. Semoga informasi yang diperoleh pada kegiatan ini dapat bermanfaat. Sampai berjumpa di kegiatan Literasi Informasi selanjutnya dengan topik lainnya.