Home / Berita / Literasi Informasi: Strategi Penelusuran Sumber Informasi Ilmiah

Literasi Informasi: Strategi Penelusuran Sumber Informasi Ilmiah

Informasi ilmiah merupakan “kebutuhan pokok” insan di institusi pendidikan tinggi. Terus meningkatnya kualitas infrastruktur terkait jaringan internet menyebabkan informasi semakin mudah disebar dan diperoleh. Memerlukan strategi agar informasi ilmiah dapat diperoleh dengan cepat dan tepat.

Menyikapi kondisi tersebut, Perpustakaan UNPAR menyelenggarakan kelas Literasi Informasi dengan topik Strategi Penelusuran Sumber Informasi Ilmiah. Kegiatan ini diselenggarakan di Perpustakaan UNPAR Kampus Ciumbuleuit Gedung 9 Lantai 2, tanggal 16-21 September 2019. Dihadiri oleh 123 orang peserta yang terdiri dari mahasiswa dan dosen.

Pada kegiatan ini, peserta diperkenalkan sumber informasi ilmiah yang bersumber dari database jurnal dan buku elektronik yang dilanggan oleh UNPAR, jurnal elektronik yang dilanggan oleh Ristekdikti, dan berbagai database yang dilanggan oleh Perpusnas RI. Peserta pun dipandu untuk membuat akun di website buku elektronik Springer dan mendaftar keanggotaan online Perpusnas RI (sebagai ketentuan untuk mengakses e-resources Perpusnas RI) serta cara pemanfaatannya.

Selain mengenalkan sumber informasi ilmiah berlangganan yang notabene berbayar, dijelaskan pula sumber informasi ilmiah yang sifatnya free. Diantaranya, jurnal UNPAR, repository UNPAR, DOAJ, dan berbagai jurnal nasional terakreditasi. Dan tidak lupa, peserta diberikan pula tips melakukan pencarian dengan menggunakan search engine khususnya Google.

Semoga kelas literasi informasi ini bermanfaat untuk UNPARIAN, ya. Kami tunggu partisipasi UNPARIAN di kelas literasi informasi Bulan Oktober dengan topik : Pembuatan Daftar Isi, Pengelolaan Referensi dan Pembuatan Daftar Pustaka Otomatis.

Salam Literasi!!! (RRA)