Beranda / Berita / PELATIHAN PELATIH LITERASI INFORMASI

PELATIHAN PELATIH LITERASI INFORMASI

“Teknologi semakin berkembang, mesin pencari semakin handal. Kondisi ini memungkinkan informasi dapat diperoleh dari berbagai sumber dengan mudah. Tetapi rendahnya kesadaran akan etika berinformasi, tak jarang menyebabkan terjadinya plagiarism.” Kalimat tersebut dikutip dari pernyataan Ibu Luki Wijayanti di sesi pertama Pelatihan Instruktur Literasi Informasi. Sebuah ungkapan dari Mitchell Kapor menyatakan bahwa “getting information off the internet is like taking a drink from a fire hydrant.” Hal-hal tersebut menjadi latar belakang kenapa literasi informasi penting dilakukan dan mengapa pustakawan penting untuk memiliki kompetensi literasi informasi dalam melayani pemustaka.

Bertempat di Johannes Oentoro Library, FPPTI DKI dan FPPTI Pusat bekerja sama dengan Universitas Pelita Harapan menyelenggarakan pelatihan bagi pelatih literasi informasi. Pelatihan yang diikuti oleh 53 pustakawan dari berbagai perpustakaan ini diselenggarakan mulai tanggal 1-4 Agustus 2016. Tujuan dari pelatihan ini adalah melatih para pustakawan untuk menguasai keterampilan literasi informasi, mempersiapkan peserta untuk menjadi pelatih literasi informasi, dan memperlengkapi peserta untuk menguasai keterampilan inti literasi informasi sekaligus juga keterampilan pedagogi dasar.

Di hari pertama dan kedua, peserta diberikan pelatihan mengenai keterampilan dasar literasi informasi. Di hari ketiga dan keempat, pelatihan mengenai keterampilan dasar pedagogi. Kegiatan evaluasi dilakukan dalam bentuk tes teori dan praktik. Tes teori-di hari ketiga, dilakukan secara online menggunakan media pembelajaran kelas virtual “Edmodo”. Evaluasi dalam bentuk praktik dilakukan di hari keempat. Setiap peserta melakukan praktik mengajar (micro teaching). Kegiatan evaluasi dilakukan untuk mengetahui sejauh mana peserta pelatihan memahami dan mampu mengaplikasikan materi yang diberikan. Diberikan apresiasi kepada peserta yang menampilkan presentasi dengan baik.

Para pelatih yang merupakan ahli di bidangnya menyampaikan materi dengan menarik dan interaktif. Jadwal yang padat dilalui dengan menyenangkan.

Pelatihan ini sangat menarik dan bermanfaat dalam meningkatkan kompetensi pustakawan dalam memberikan pelatihan literasi informasi kepada pemustaka. Semoga materi yang didapatkan di pelatihan ini dapat diterapkan di Perpustakaan UNPAR untuk meningkatkan kemampuan literasi informasi para pemustaka.

a trained librarian is a powerful search engine with a heart.

12 345678