Beranda / Berita / PENGENALAN PERPUSTAKAAN 2014

PENGENALAN PERPUSTAKAAN 2014

2

Tak kenal maka tak sayang, ungkapan tersebut sering kita dengar saat awal perkenalan. Perkenalan memang sangat penting untuk memulai sesuatu yang baru. Hal tersebut yang dilakukan oleh Perpustakaan Universitas Katolik Parahyangan kepada mahasiswa baru angkatan tahun 2014. Pada hari Jumat, 15 Agustus 2014, Perpustakaan bekerjasama dengan Panitia Orientasi dari Fakultas Teknologi Informasi dan Sains juga Fakultas Teknologi Industri mengadakan kegiatan pengenalan perpustakaan bagi mahasiswa baru. Kurang lebih 300 mahasiswa baru mengikuti kegiatan pengenalan Perpustakaan UNPAR yang berasal dari Program Studi Matematika, Fisika, Teknik Informatika dan Teknik Industri.

Pengenalan perpustakaan kepada mahasiswa baru ini sangat penting karena dapat membantu mahasiswa untuk menggunakan layanan dan fasilitas yang telah disediakan oleh perpustakaan. Bagaimanapun juga perpustakaan menyediakan informasi yang dapat membantu mereka dalam kegiatan perkuliahan selama menempuh pendidikan di UNPAR. Dalam kegiatan pengenalan tersebut, mahasiswa baru diberi penjelasan dan contoh tentang segala sesuatu yang ada di perpustakaan. Materi yang disampaikan ada dua macam, materi pertama, mahasiswa diberi penjelasan tentang: (1) peran dan fungsi perpustakaan; (2) lokasi perpustakaan unpar; (3) etika dan tata tertib yang ada di perpustakaan; (4) syarat masuk ke perpustakaan; (5) jam layanan perpustakaan; (6) keanggotaan beserta dengan hak dan kewajibannya; (7) jenis koleksi di perpustakaan; (8) jenis layanan perpustakaan. Materi kedua, mahasiswa diajak untuk melihat bagaimana cara menelusur informasi secara online melalui OPAC Perpustakaan. Selain penelusuran koleksi secara online, mahasiswa juga dibekali cara menggunakan/memanfaatkan e-jurnal yang diterbitkan oleh UNPAR maupun yang dilanggan oleh perpustakaan.

Setelah mendapatkan materi tentang perpustakaan secara umum dan cara penelusuran informasi secara online, mahasiswa diajak berkeliling di perpustakaan untuk melihat secara jelas isi dan kegiatan yang ada di perpustakaan.

Perpustakaan UNPAR juga akan mengadakan kembali kegiatan pengenalan perpustakaan pada bulan September 2014. Kegiatan tersebut terbuka untuk mahasiswa baru UNPAR yang ingin mengetahui apa dan bagaimana layanan serta fasilitas yang ada di perpustakaan. Jadwal kegiatan tersebut akan diinformasikan selanjutnya.

Dengan adanya pengenalan perpustakaan ini, diharapkan mahasiswa baru mendapatkan informasi yang cukup jelas untuk menggunakan layanan perpustakaan secara optimal dan mandiri dalam menelusur informasi yang dibutuhkan.

 

1 3 5