Beranda / Berita / PERTEMUAN RUTIN I DAN WORKSHOP FORUM PERPUSTAKAAN PERGURUAN TINGGI (FPPT) WILAYAH JAWA BARAT 2015

PERTEMUAN RUTIN I DAN WORKSHOP FORUM PERPUSTAKAAN PERGURUAN TINGGI (FPPT) WILAYAH JAWA BARAT 2015

UNSUR1

“Evaluasi Diri untuk Menunjang Rencana Strategis Perpustakaan

Selasa, 17 Maret 2015

Bertempat di Aula Perpustakaan Universitas Suryakancana Cianjur, Ibu Helmi Purwanti memaparkan tentang evaluasi diri untuk menunjang rencana strategis perpustakaan. Bahwa perkembangan perpustakaan sekarang ini semakin pesat, namun tidak semua perguruan tinggi mampu mengikuti perkembangan tersebut salah satunya dikarenakan komitmen institusi yang tidak jelas. Melalui evaluasi diri, perpustakaan dapat mengetahui posisi perpustakaannya berada di level mana sehingga dapat meningkatkan mutu layanannya. Dikatakan Ibu Helmi, bahwa untuk menyusun rencana strategis dianjurkan untuk sesuai dengan kebutuhan, dan tidak berlebihan.

Evaluasi diri adalah pemahaman kita terhadap unit atau institusi dimana kita berada. Evaluasi diri biasanya digunakan oleh institusi untuk menghadapi akreditasi dari BAN atau kegiatan-kegiatan yang merupakan hibah kompetensi, dan perpustakaan sebagai salah satu institutional support system, membutuhkan pengembangan seperti halnya unit lain. Evaluasi diri adalah kegiatan yang harus dilakukan agar perkembangan perpustakaan dapat diketahui dengan pasti.

Adapun tujuan dari evaluasi diri adalah (1) untuk memperlihatkan pencapaian mutu dari suatu institusi (2) evaluasi sebagai alat manajerial untuk menjaga kinerja suatu institusi (3) evaluasi sebagai alat manajerial untuk penyusunan rencana pengembangan institusi.

Berikut tujuh isu strategis untuk menjaga keberlangsungan dan pengembangan institusi adalah relevance, academic atmosphere, internal management and organization, sustainable, eficiency and productivity.

Dipaparkan pula contoh evaluasi diri dengan menggunakan analisa SWOT (strength, weakness, opportunity, threat). Contoh tersebut diambil dari Perpustakaan Itenas.

Pertemuan ditutup dengan paparan tentang pengisian formulir untuk mendapatkan nomor pokok perpustakaan (NPP) untuk mengetahui jenis perpustakaan yang ada di Provinsi Jawa Barat oleh Ketua Pembinaan dan Pengembangan BAPUSIPDA Jabar.

 

UNSUR2 UNSUR3 UNSUR4