Beranda / Berita / Pertemuan Rutin II dan Workshop FPPTI-JB, Mei 2017

Pertemuan Rutin II dan Workshop FPPTI-JB, Mei 2017

2

Rabu, 17 Mei 2017, pustakawan UNPAR mengikuti pertemuan rutin ke-2 dan workshop yang diselenggarakan oleh FPPTI Wilayah Jawa Barat dan STIE Ekuitas. Kegiatan ini mengusung tema “Peran Perpustakaan dalam Pengembangan Literasi Informasi dan Komunikasi Ilmiah”.

Sesi pertama kegiatan kali ini diawali dengan seminar yang dibawakan oleh Bapak Faizuddin Harliansyah, MIM. Beliau adalah Kepala Pusat Perpustakaan Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang. Beliau mengawali sesi seminar dengan pemaparan pengertian dan ruang lingkup komunikasi ilmiah, dilanjutkan dengan pembahasan serial crisis dan open access sebagai pendorong perubahan sudut pandang komunikasi ilmiah, dan diakhiri dengan tantangan dan peluang peran perpustakaan perguruan tinggi dalam konteks komunikasi ilmiah. Untuk membangkitkan semangat peserta, panitia memberikan door prize kepada peserta yang mengajukan pertanyaan dan peserta yang di bawah tempat duduknya ditempeli stiker.

Sesi kedua, dibawakan kembali oleh Pak Faiz dalam bentuk workshop. Beliau berbagi informasi mengenai pengembangan kurikulum literasi informasi di beberapa perguruan tinggi di negara maju.

Kegiatan ini memperluas pandangan dan wawasan mengenai peran pustakawan dalam komunikasi ilmiah dan literasi informasi sebagai bagian dari komunikasi ilmiah. Pustakawan diajak untuk berperan aktif dalam tiga area utama komunikasi ilmiah yaitu creation, dissemination dan preservation baik melalui saluran formal maupun informal. Karena peran yang dijalani saat ini masih bersifat parsial diantaranya pada penyediaan dan penyebaran sumber informasi serta pencarian di sumber-sumber informasi.

 

1  3 4 5