Beranda / Profil

Profil

Perpustakaan UNPAR berfungsi sebagai pusat penyedia informasi yang bertugas mengumpulkan, mengolah dan menyebarluaskan informasi sebagai bentuk pendukungan terhadap proses pendidikan dan penelitian di UNPAR, saat ini memiliki koleksi buku berjumlah 69.587 judul dengan jumlah total eksemplar sebanyak 125.059 eksemplar. Terbitan berkala yang dimiliki sebanyak 2.201 judul terdiri dari berbagai jenis antara lain jurnal internasional, jurnal nasional, majalah ilmiah dalam dan luar negeri, majalah popular, harian, news, warta, dll, baik yang dilanggan maupun yang diperoleh melalui sumbangan. Koleksi dalam bentuk CD-Rom/CD/DVD/VCD sebanyak 1.308 judul dengan jumlah keping sebanyak 2.760 keping.

Cakupan koleksi yang dimiliki oleh Perpustakaan meliputi bidang ekonomi, manajemen, akuntansi, hukum, administrasi publik dan bisnis, hubungan internasional, sipil, arsitektur, filsafat, teknik industri, teknik kimia, matematika, fisika, teknik informatika dan bidang-bidang lain yang dibutuhkan untuk mendukung proses pembelajaran di UNPAR.

Selain koleksi secara fisik, Perpustakaan juga menyediakan koleksi dalam bentuk format dijital sebanyak 62.729 files terdiri dari jenis koleksi skripsi, tesis, disertasi dan menyediakan layanan akses ke database e-journal, baik yang dilanggan oleh UNPAR maupun akses yang diberikan secara gratis oleh Dikti, antara lain Proquest, Emerald, American Accounting Association (AAA), Aptik Digital Library (ADL), Infotrac, Portal Garuda. Untuk mengetahui alamat laman masing-masing bisa dilihat melalui laman UNPAR (www.unpar.ac.id).

Saat ini, Perpustakaan juga telah menerapkan sistem layanan sirkulasi on-line di Perpustakaan Program Pasca Sarjana dan Perpustakaan Filsafat yang bersifat realtime connection artinya transaksi peminjaman, perpanjangan masa pinjam, pengembalian buku sudah terhubung langsung dengan server perpustakaan pusat di lokasi Ciumbuleuit.

Proses pengembangan perpustakaan digital UNPAR terus diupayakan, diharapkan dapat semakin memenuhi kebutuhan seluruh pengguna akan informasi yang dibutuhkan.