Home / Berita / PROGRAM KENAL PERPUSTAKAAN MAHASISWA BARU FT – SIPIL 2018

PROGRAM KENAL PERPUSTAKAAN MAHASISWA BARU FT – SIPIL 2018

Selasa, 14 Agustus 2018, pukul 14.00 – 16.00, Program Kenal Perpustakaan diadakan khusus untuk mahasiswa baru Jurusan Teknik Sipil UNPAR angkatan 2018, diikuti sekitar 126 dari 219 mahasiswa baru. Beberapa yang tidak mengikuti dikarenakan ada jadwal kuliah yang harus diikuti mereka. Bagi yang belum mengikuti program Kenal Perpustakaan, dipersilahkan mengikuti secara mandiri pada kesempatan lain yang diadakan oleh perpustakaan, sekitar bulan September yad.

Program kenal perpustakaan memberikan kesempatan bagi pustakawan untuk menginformasikan hal-hal yang sifatnya umum yang perlu diketahui oleh mahasiswa baru, agar keinginan untuk berkunjung ke perpustakaan muncul. Mahasiswa diinformasikan mengenai tata tertib, jam buku layanan, hak dan kewajiban, ragam koleksi, fasilitas dan layanan yang bisa dimanfaatkan, juga diperkenalkan dengan koleksi digital yang dimiliki UNPAR, walaupun tidak secara rinci karena keterbatasan waktu.

Respon yang ditampilkan mahasiswa beragam, mungkin karena waktu pelaksanaannya pada siang hari, dimana rasa capai sudah mendera sejak pagi ada kesibukan kuliah, namun tetap menunjukkan antusiasme yang positif terhadap kegiatan ini.

Sesi ke-2 diisi dengan penjelasan singkat mengenai koleksi-koleksi digital yang dimiliki oleh UNPAR, yaitu Penelusuran Buku Online, Repositori Institusi UNPAR, database e-journal (Proquest dan Emerald), database e-Book (Springer, Wiley, SAGE Knowledge dan SAGE Research Methods). Waktu yang tersedia tidak memungkinkan menjelaskan cara akses lebih terinci, jadi kepada mahasiswa ditawarkan untuk mengikuti sesi lanjutan pelatihan akses ke database yang akan dilaksanakan secara terpisah di lain kesempatan.

Setidaknya, setelah mengikuti program kenal perpustakaan, mahasiswa tidak akan mengalami situasi seperti yang dialami “Pedro McDonald”. Mahasiswa baru diharapkan lebih sering berkunjung dan memanfaatkan layanan yang disediakan di perpustakaan pada saat membutuhkan informasi selama mengikuti kegiatan belajar mangajar di UNPAR.

TERIMAKASIH

 

Bandung, 16 Agustus 2018

Perpustakaan UNPAR

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *