Beranda / Berita / Raker JPA 2015

Raker JPA 2015

RAKER KEPALA PERPUSTAKAAN JARINGAN PERPUSTAKAAN APTIK (JPA) 2015

Jakarta, 11 – 14 Agustus 2015

 

Rapat Kerja para Kepala Perpustakaan Jaringan Perpustakan APTIK (JPA) tahun 2015, dilaksanakan di Jakarta, dengan penyelenggara adalah pustakawan Perpustakaan Universitas AtmaJaya berkolaborasi dengan pustakawan Perpustakaan Sekolah Tinggi Keperawatan St. Carolus. Kegiatan dilaksanakan mulai tanggal 11 Agustus (Selasa pagi) dan berakhir tanggal 14 Agustus (Jumat siang) bertempat di Hotel Ibis Harmoni Jakarta Pusat.

Raker dihadiri oleh seluruh Kepala Perpustakaan anggota JPA sejumlah 17 orang, juga dihadiri Koordinator JPA dan 2 orang Asisten Koordinator. Sambutan pembukaan disampaikan oleh Sekretaris APTIK sekaligus membuka kegiatan Raker JPA secara resmi.

Tema yang diusung kali ini adalah “Optimalisasi Pemanfaatan ADL”. Tema ADL (APTIK Digital Library) dianggap perlu untuk dibahas pada raker 2015, karena berdasarkan hasil penelitian bahwa pemanfaatan ADL dirasa belum optimal khususnya di kalangan sivitas akademika anggota APTIK.

Sehingga disela-sela kegiatan raker, disempatkan melakukan pelatihan ADL selama 1 hari, dan kesempatan tersebut sangat dimanfaatkan secara maksimal oleh seluruh peserta.

Ibu Ailien, sebagai Koordinator JPA sekaligus nara sumber, memberikan pelatihan pembuatan proposal penelitian yang baik dan benar. Nara sumber lain, bapak Paulus Suparmo mempresentasikan langkah-langkah sosialisasi ADL yang dapat dilakukan pada setiap perpustakaan dan setelah kembali nanti, setiap berkewajiban melakukan sosialisasi secara lebih intens di perpustakaan masing-masing. Sementara itu, Ibu Susi Anasta sharing pengalaman cara menembus call for paper untuk KPDI. Tidak kalah pentingnya yaitu agenda rutin membahas rencana kerja JPA selama satu tahun mendatang (Agustus 2015 – Juli 2016) dan pemilihan Koordinator JPA periode 2016 – 2019.

Secara resmi kegiatan raker JPA 2015 ditutup oleh Ibu Diao Ai Lien selaku Koordinator JPA. Setelahnya seluruh peserta kembali ke tampat asal masing-masing dengan membawa kepenatan, sukacita dan tugas-tugas yang sudah menanti untuk segera diselesaikan.

Semoga kegiatan raker ini dapat semakin mempererat persaudaraan sesama anggota JPA dan ADL boleh menjadi portal akses informasi ilmiah yang diakui baik di kancah nasional maupun internasional.

HIDUP JPA !!!!

 

1 2 3 4