Beranda / Berita / Rapat Kerja Jaringan Perpustakaan APTIK 2017

Rapat Kerja Jaringan Perpustakaan APTIK 2017

Foto Bersama Raker JPA 2017

Rapat Kerja Kepala Perpustakaan Jaringan Perpustakaan APTIK tahun 2017, dilaksanakan di Surabaya dari tanggal 25 – 27 Juli 2017, dengan penyelenggara Perpustakaan Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya. Sebelumnya, telah dilaksanakan pelatihan pembuatan repositori institusi berbasis e-Print, yang juga diikuti oleh staf seluruh perpustakaan anggota JPA, khusus yang bertugas di bagian pengelolaan data digital.

Kegiatan rapat kerja dibuka oleh Rektor Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya (UKWMS), Bapak Drs. Kuncoro Foe , G.Dip.Sc., Ph.D., Apt., di ruang theater A301 Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya. Dalam sambutannya, Rektor UKWMS menyatakan bahwa kerja sama Jaringan Perpustakaan APTIK (JPA) sangat bermanfaat bagi anggota-anggota JPA. Bukti manfaat kerja sama JPA misalnya terkelolanya dengan baik karya-karya ilmiah dosen di perpustakaan anggota JPA.

Kemudian dilanjutkan dengan kegiatan sharing report progress mengenai kegiatan perpustakaan selama tahun 2016 – 2017, kemajuan yang telah dicapai, kendala-kendala yang dihadapi dalam menjalankan fungsi perpustakaan, utamanya sebagai penyedia informasi ilmiah bagi sivitas akademika di tempat masing-masing.

Nara sumber yang dihadirkan pada kesempatan ini ada 2 orang, yaitu Kepala PDII LIPI, Ibu Dra Sri Hartinah, M. Hum yang memaparkan materi berjudul “Pemanfaatan repsitori institusi untuk meningkatkan publikasi karya ilmiah: perspektif dan kebijakan pemerintah” dan Konsultan JPA, Prof. Sulistyo Basuki dengan materi berjudul “Pemanfataan Repositori Institusi untuk Meningkatkan Publikasi Ilmiah: Perspektif dari Infometrika”, dilanjutkan dengan sesi diskusi.

Kegiatan berikutnya mendengarkan laporan kemajuan dari Koordinator JPA, Asko Situs dan Asko ADL, sekaligus rapat Pleno untuk membahas rencana kerja JPA untuk tahun 2017 – 2018 mendatang.

Rapat Kerja Jaringan Perpustakaan APTIK  2017, resmi ditutup oleh Koordinator JPA, Bpk. Drs. Paulus Suparmo, M.Hum.

SEMOGA JPA TETAP JAYA

 

Bandung, Agustus 2017