Home / Berita / Rapat Koordinasi Nasional Bidang Perpustakaan Tahun 2019

Rapat Koordinasi Nasional Bidang Perpustakaan Tahun 2019

Pada tanggal 13-15 Maret 2019, perwakilan pustakawan UNPAR mengikuti Rakornas Bidang Perpustakaan Tahun 2019 yang diselenggarakan oleh Perpustakaan Nasional. Rakornas digelar di Birawa Hall Hotel Bidakara, Jakarta Selatan. Kegiatan ini dihadiri oleh sekitar 3.000 peserta yang terdiri dari Kepala Dinas dan pustakawan dari berbagai Perpustakaan Dinas, Perpustakaan Provinsi/Kota/Kabupaten, Perpustakaan Sekolah, Perpustakaan Perguruan Tinggi, Taman Bacaan Masyarakat dan pegiat literasi di Indonesia.

Kegiatan Rakornas yang mengambil tema “Pustakawan Berkarya Mewujudkan Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial untuk Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat” dibuka oleh sambutan dan laporan Kepala Perpustakaan Nasional RI Bapak Syarif Bando.  Secara resmi dibuka oleh Menteri Dalam Negeri, Bapak Tjahjo Kumolo (Kamis, 14 Maret 2019). Dalam sambutannya, beliau menyampaikan bahwa “… perpustakaan berperan dalam membangun ekosistem masyarakat berpengetahuan. Transformasi layanan perpustakaan berbasis inklusi sosial merupakan peran perpustakaan dalam penguatan literasi masyarakat. Karena masyarakat memiliki hak untuk mendapatkan layanan perpustakaan dimana pun mereka berada dan dalam kondisi apa pun, sesuai dengan amanat Undang-undang No.43 Tahun 2007 tentang Perpustakaan.” Pada kesempatan ini disampaikan Penghargaan Urusan Perpustakaan kepada beberapa Kepala Daerah, dilanjutkan dengan penandatanganan MoU Kerjasama Perpusnas dan Mitra.

Rakornas hari pertama ini diisi oleh pemateri dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan; Kementrian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia; Bappenas,; Komisi x DPR RI; Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Rakornas hari kedua terdiri dari sesi pleno dan parallel (sesi parallel dibagi berdasar jenis perpustakaan). Sesi pleno diisi oleh pemateri dari Ombudsman RI dan pegiat literasi (Pustaka Bergerak, Yayasan Pengembangan Perpustakaan Indonesia, PP Forum Taman Bacaan Masyarakat. Sesi parallel perguruan tinggi diisi oleh Bapak Dhama Gustiar Baskoro (Tim Pakar Dikti – Pustakawan UPH) yang menyampaikan materi mengenai Peningkatan Kompetensi Pustakawan Perguruan Tinggi Bidang Literasi Informasi, Bapak Abdul Rahman Saleh, M.Sc (pustakawan Utama IPB) menyampaikan mengenai Sertifkasi Pustakawan, dan Bapak Prof. Satrio Sumantri Bojonegoro (Ketua AIPI) yang menyampaikan mengenai Peran Perpustakaan dalam Kualitas Hasil Penelitian Indonesia terhadap Pemeringkatan Internasional.

Rakornas berakhir pada tanggal 16 Maret 2019 dengan rangkaian kegiatan FGD yang dikhususkan bagi Perpustakaan Dinas.

Kegiatan ini memberikan penguatan kepada peserta untuk semakin berdaya, bergerak dan berperan menggaungkan literasi ke pelosok negeri. Berpikir kreatif mengusahakan berbagai cara untuk meningkatkan literasi masyarakat guna tercapainya kesejahteraan masyarakat.