Beranda / Berita / Seminar “Blended Librarianship”

Seminar “Blended Librarianship”

img_20161005_084342

Pustakawan perpustakaan UNPAR mengikuti seminar yang diselenggarakaan oleh Perpustakaan Universitas Kristen Krida Wacana pada hari Kamis, 29 September 2016, dengan tema “Blended Librarianship: Peluang dan Tantangan Perpustakaan Perguruan Tinggi dalam Mendukung Pembelajaran Berbasis Online”.

Seminar ini diikuti oleh pustakawan dari berbagai perpustakaan perguruan tinggi di Indonesia. Tujuan dari seminar ini adalah untuk membuka wawasan pustakawan untuk memahami secara komprehensif tentang blended learning di era pembelajaran berbasis TIK dan memahami konsep blended librarianship serta memahami kolaborasi perpustakaan perguruan tinggi dalam proses pembelajaran berbasis blended learning.

Sesi pertama dibawakan oleh Prof. Richardus Eko Indrajit, Ph.D . Beliau memaparkan mengenai Blended Learning dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Melengkapi pemamparan Prof. Eko, Bapak Ida Fajar Priyanto, MA., Ph.D pustakawan perpustakaan UGM menjelaskan mengenai reposisi pustakawan perguruan tinggi dalam blended learning. Sesi ketiga dibawakan oleh Ibu Dra. Luki Wijayanti, M.Si., mengupas mengenai best practices blended librarian dalam mengembangkan layanan perpustakaan. Mrs. Lee Cheng Ean dari National University of Singapore Libraries membawakan sesi terakhir dengan pemaparan Best Practices The Implementation of Blended Librarian in National University of Singapore Libraries.

Sudah seharusnya pustakawan peka terhadap perubahan yang terjadi di sekitarnya. Terutama terhadap perubahan yang disebabkan oleh pesatnya perkembangan teknologi komunikasi dan informasi. Hal ini dapat diwujudkan dengan menerapkan enam prinsip blended librarianship sehingga pustakawan dan perpustakaan mampu menjalankan perannya sebagai “jantung” dan “otak” di lingkungan perguruan tinggi.

 1475632939679 1475632870731 1475632829287 1475632786894