Beranda / Berita / Seminar dan Workshop FPPTI DKI Jakarta “Strategi Jitu Publikasi Karya Ilmiah Terindeks”

Seminar dan Workshop FPPTI DKI Jakarta “Strategi Jitu Publikasi Karya Ilmiah Terindeks”

pestaka3

Forum Perpustakaan Perguruan Tinggi Indonesia (FPPTI) Wilayah DKI Jakarta menyelenggarakan kegiatan seminar dan workshop yang dilaksanakan pada hari Kamis, 18 Mei 2017 di Universitas Tarumanegara. Seminar dan Workshop yang diselenggarakan bertajuk “Strategi Jitu Publikasi Karya Ilmiah Terindeks Scopus, Thomson Reuters, DOAJ, SINTA Bagi Pustakawan, Dosen, dan Peneliti. Peserta yang mengikuti seminar dan workshop tidak hanya berasal dari perguruan tinggi di wilayah DKI Jakarta, tetapi berasal dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia.

 

Pemateri yang mengisi kegiatan seminar dan workshop antara lain: “Kebijakan Ristekdikti Jurnal Nasional dan Internasional” oleh Dr. Sadjuga, M.Sc. (Direktur Pengelolaan Kekayaan Intektual Kemenristek DIKTI); “Peran Perpustakaan Dalam Komunikasi Ilmiah” oleh Ida F. Priyanto, Ph.D (Dosen Pasca Sarjana UGM); dan “Pengenalan Mesin Indeks Internasional” oleh Dr. Lukman (PDII-LIPI).

 

Dalam kegiatan seminar dan workshop tersebut dijelaskan, pertama bagaimana upaya membangun daya saing global, pendaftaran paten untuk karya ilmiah anak bangsa terkait dengan Hak Kekayaan Intelektual, penilaian angka kredit yang telah disahkan Dirjen Dikti tahun 2014, dan publikasi ilmiah yang diharapkan semakin naik setiap tahunnya. Kedua, bagaimana perpustakaan khususnya pustakawan berperan dalam komunikasi ilmiah. Pustakawan dapat mengelola jurnal dan karya tulis yang dimiliki sivitas akdemika sekaligus membangun diseminasi informasi ilmiah melalui berbagai media. Ketiga, pengenalan mesin indeks internasional dan sosialisasi SINTA sebagai mesin indeks nasional.

 

Adanya seminar dan workshop kali ini, dapat menjadi motivasi bagi perpustakaan untuk turut mendorong sivitas akademika menghasilkan karya ilmiah yang dapat terindeks oleh mesin pengindeks yang memiliki reputasi baik.