Beranda / Berita / Seminar Literasi Digital

Seminar Literasi Digital

LITERASI DIGITAL : KOMPETENSI KUNCI DALAM PEMANFAATAN REPOSITORI INSTITUSI DAN SUMBER INFORMASI DIGITAL

 

Forum Perpustakaan Perguruan Tinggi Indonesia (FPPTI) DKI Jakarta menyelenggarakan seminar nasional dengan tema “Literasi Digital : Kompetensi Kunci dalam Pemanfaatan Repositori Institusi dan Sumber Informasi Digital” yang dilaksanakan pada hari Kamis tanggal 10 Desember 2015. Peserta yang mengikuti seminar kurang lebih 200 orang.

Seminar nasional diisi keynote speaker “Indonesia OneSearch” oleh Ibu Welmin dari PNRI, pemateri “Kompetensi pustakawan untuk millenials di Perguruan Tinggi” oleh Ibu Luki Wijayanti dari UI dan Tim DIKTI, “Perpustakaan dalam era digital” oleh Bapak Dhama Gustiar Baskoro dari UPH, dan “Layanan informasi di era digital” oleh Ibu Sri Hartinah dari PDII-LIPI.

Dalam seminar tersebut dibahas bahwa perkembangan teknologi informasi yang begitu pesat membuat dunia berubah salah satunya perubahan dalam bidang pendidikan. Perpustakaan sebagai lembaga yang pengelola informasi mau tidak mau harus melakukan perubahan sesuai dengan perkembangan teknologi informasi, dari perpustakaan konvensional ke perpustakaan digital. Pustakawan sebagai pengelolanya harus memiliki kompetensi profesi dan individu yang meliputi : komunikasi, negosiasi, komitmen, kepemimpinan, sifat positif dan negosiasi. Selain itu, pentingnya literasi informasi bagi pengguna perpustakaan untuk menghadapi banyaknya informasi yang tersedia saat ini.

Semoga informasi ini mampu menjadi penyemangat perpustakaan untuk terus melakukan perubahan dan mengembangkan perpustakaan ke arah yang lebih baik lagi.

 

1  23  4