Beranda / Berita / SEMINAR NASIONAL : DISEMINASI INFORMASI DAN PLAGIARISME

SEMINAR NASIONAL : DISEMINASI INFORMASI DAN PLAGIARISME

1

Kamis, 4 September 2014, perwakilan dari Perpustakaan Unpar mendapat kesempatan untuk mengikuti kegiatan seminar yang diadakan oleh Perpustakaan Universitas Atma Jaya Yogyakarta. Seminar tersebut bertajuk “Diseminasi Informasi dan Plagiarisme” yang dimoderatori oleh Dr. Dorothea Wahyu Ariani, SE., MT. (Dosen Fakultas Ekonomi Universitas Atma Jaya Yogyakarta). Sebagai narasumber yaitu Prof. Dr. Sulistyo Basuki (Dosen Universitas Indonesia / Pemerhati Perpustakaan) dan Dr. C. Kastowo, SH., M.Hum (Dosen Fakultas Hukum Universitas Atma Jaya Yogyakarta).

Dalam seminar tersebut Prof.Dr. Sulistyo Basuki mengemukakan bahwa kasus-kasus yang sering dihadapi perguruan tinggi tentang plagiarisme, sebenarnya pustakawan dapat membantu dengan mengadakan literasi informasi bagi pemakainya atau melakukan diseminasi informasi selektif (selective dissemination of information) kepada pemakai sesuai dengan minat pemakai. Pustakawan tidak berhak menilai sebuah karya plagiat atau diduga terjadi plagiarism karena sesuai dengan kode etik pustakawan bahwa pustakawan menyediakan akses tak terbatas pada informasi, juga dinyatakan bahwa pustakawan tidak bertanggung jawab atas konsekuensi penggunaan informasi yang diperoleh di perpustakaan.

Seminar dilanjutkan dengan melihat diseminasi informasi dari kacamata Hak Kekayaan Intelektual. Dalam hal ini dibahas tentang bagaimana legalisasi koleksi yang ada di perpustakaan, legalisasi operasional di perpustakaan, potensi tuntutan hukumnya dan bagaimana antisipasi pelanggaran Hak Cipta oleh Perpustakaan.

Semoga informasi yang didapat dari seminar ini, menjadikan perpustakaan mampu berperan aktif dalam menghindari terjadinya plagiarisme dan mengembangkan layanan pemustaka lebih baik lagi ke depannya.

 

2   3