Home / Berita / Seminar Pencegahan Plagiarisme Guna Meningkatkan Integritas Akademik di Perguruan Tinggi

Seminar Pencegahan Plagiarisme Guna Meningkatkan Integritas Akademik di Perguruan Tinggi

Pada hari Selasa, 17 April 2018 perwakilan pustakawan UNPAR berkesempatan menghadiri seminar bertajuk “Pencegahan Plagiarisme Guna Meningkatkan Integritas Akademik di Perguruan Tinggi”. Karya ilmiah bagi insan perguruan tinggi terutama dosen dan mahasiswa merupakan salah satu hal yang perlu terjamin kualitasnya. Karena bagi dosen, pembuatan karya ilmiah berkaitan dengan pengajuan kenaikan Jabatan Fungsional Akademik. Bagi mahasiswa, karya ilmiah menjadi salah satu syarat kelulusan.

Seminar yang diselenggarakan oleh FPPTI Banten di Kampus Universitas Multimedia Nusantara, Gading Serpong ini berlangsung dari Pk 08.30-14.00. Dihadiri oleh dosen, pengelola jurnal ilmiah, dan pustakawan dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia. Sebagai pembicara, Jack Brazel selaku Asia Development Manager Turnitin, LCC dan Prof. Dr. Ali Ghufron, M.Sc., Ph.D. selaku Direktur Jendral Sumber Daya Ilmu Pengetahuan, Teknologi dan Pendidikan Tinggi, Kementrian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi.

Di sesi pertama, Jack Brezel mengenalkan Turnitin. Sebuah perangkat lunak untuk melakukan pengecekan similarity atau originality sebuah karya ilmiah. Di sesi kedua, Bapak Ali Gufron memaparkan mengenai pencegahan plagiarism untuk meningkatkan integritas akademik di perguruan tinggi. Menurut beliau, kualitas sumber daya manusia merupakan penentu daya saing bangsa dalam menghadapi revolusi industri 4.0 dan MEA. Karena itu diperlukan reformasi pendidikan tinggi termasuk restrukturisasi DIKTI sehingga perguruan tinggi tidak hanya menghasilkan lulusan, riset, transfer teknologi ke masyarakat tetapi juga menghasilkan inovasi yang bisa meningkatkan daya saing dan kesejahteraan masyarakat dan bangsa. Salah satunya dengan melakukan pencegahan plagiarisme baik di ranah institusi maupun individu serta meningkatkan kualifikasi dengan kompetensi inti kelimuan yang kuat bagi Dosen di era 4.0.

Seminar ini ditutup dengan melakukan library tour  di Perpustakaan Universitas Multimedia Nusantara.

Pustakawan sebagai pengelola informasi di perguruan tinggi perlu ambil bagian dalam menghasilkan karya ilmiah yang berkualitas. Seminar ini memberikan pengetahuan bagi pustakawan UNPAR untuk kedepannya lebih berperan dalam mencegah plagiarism di UNPAR sehingga dapat membantu meningkatkan kualitas karya ilmiah yang dihasilkan oleh sivitas akademika dalam mewujudkan sumber daya manusia berdaya saing.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *