Beranda / Berita / SOSIALISASI PEMANFAATAN AKSES E-JOURNAL DAN SCOPUS

SOSIALISASI PEMANFAATAN AKSES E-JOURNAL DAN SCOPUS

Direktorat Pengelolaan Kekayaan Intelektual Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi menyelenggarakan sosialisasi pemanfaatan jurnal elektronik dan basis data sitasi & bibliografi Scopus yang dilaksanakan pada hari Sabtu tanggal 14 Mei 2016 di Kopertis Wilayah IV. Peserta yang mengikuti sosialisasi berasal dari 19 perguruan tinggi swasta di Bandung.

 

Sosialisasi diisi pemateri antara lain “Penelusuran Cerdas (Smart Browsing)” oleh Dr. Dripa Sjahbana dan “Pemanfaatan Basis Data Sitasi dan Bibliografi Scopus & Pengelolaan Referensi menggunakan Mendeley” oleh Dr. Lukman dari PDII-LIPI.

 

Dalam sosialisasi tersebut dijelaskan pertama bagaimana mencari informasi yang cerdas dengan memanfaatkan teknologi yang telah tersedia dengan baik dan benar, khususnya informasi untuk melakukan penelitian ilmiah. Kedua, memanfaatkan dengan maksimal jurnal elektronik yang telah dilanggan baik itu dari perguruan tinggi sendiri maupun dari institusi luar, salah satunya dari Kemenristekdikti. Selain jurnal elektronik, Tahun 2016 Kemenristekdikti juga melanggan Scopus. Informasi dari Scopus dapat membantu peneliti memetakan rencana penelitian yang akan dilakukan, melihat peringkat publikasi internasional perguruan tinggi, membantu menghubungkan dengan ahli di bidang kajian tertentu, dan masih banyak lagi manfaatnya. Ketiga, mengelola sumber referensi dengan menggunakan Mendeley.

 

Semoga dengan adanya informasi ini dapat membantu sivitas akademika Universitas Katolik Parahyangan untuk lebih memanfaatkan fasilitas jurnal elektronik yang dilanggan institusi sendiri maupun yang dilanggan oleh Kemenristekdikti.

1