Beranda / Berita / STUDI BANDING KE PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS KRISTEN MARANATHA BANDUNG

STUDI BANDING KE PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS KRISTEN MARANATHA BANDUNG

1

Rabu, 23 Juli 2014 pustakawan Perpustakaan Unpar melakukan studi banding ke Perpustakaan Universitas Kristen Maranatha. Tujuan kegiatan ini untuk melakukan pengamatan terhadap kegiatan operasional dan sistem layanan di perpustakaan yang dikunjungi. Dengan kunjungan ini diharapkan dapat memberikan suasana baru, membangkitkan motivasi untuk lebih meningkatkan kinerja sebagai pustakawan, dapat saling bertukar pengalaman antar pustakawan, dan diharapkan informasi yang diperoleh dari hasil kunjungan tersebut dapat dijadikan alat evaluasi kinerja pustakawan dan layanan perpustakaan bagi pemustaka.

Pustakawan Unpar yang mengikuti kegiatan ini berjumlah 6 orang. Terdiri dari bagian pengadaan, pengolahan buku dan jurnal, layanan pembaca dan layanan informasi serta tata usaha. Kedatangan pustakawan Unpar disambut baik oleh Kepala Perpustakaan UKM, yaitu Ibu Neilany Edwina dan sebagian besar karyawan perpustakaan. Kegiatan diawali dengan acara saling bertukar informasi secara umum di ruang pertemuan. Setelah itu masing-masing peserta studi banding diarahkan ke bagian layanan, sesuai dengan bidang pekerjaan yang dilakukan sehari-hari.

Banyak hal didapat dari studi banding tersebut, antara lain informasi mengenai sistem pengadaan buku, pengolahan berbagai koleksi baik buku maupun jurnal dan koleksi tugas akhir mahasiswa. Juga informasi mengenai data base online yang dilanggan oleh Perpustakaan UKM, administrasi umum di perpustakaan UKM, serta ketentuan mengenai pengelolaan sumber daya manusia termasuk pengelolaan tenaga magang mahasiswa yang diberlakukan di perpustakaan UKM.

 

2 4 3