Home / Berita / TRAINING PEMANFAATAN E-JOURNAL EMERALD DAN PUBLIKASI KE JURNAL INTERNASIONAL

TRAINING PEMANFAATAN E-JOURNAL EMERALD DAN PUBLIKASI KE JURNAL INTERNASIONAL

Perpustakaan UNPAR berupaya meningkatkan pemanfaatan e-journal Emerald dan memberikan informasi terkait publikasi ke jurnal internasional kepada dosen dan mahasiswa Pascasarjana dengan menyelenggarakan kegiatan “Training Pemanfaatan E-Journal Emerald dan Publikasi ke Jurnal Internasional”. Kegiatan ini diselenggarakan pada hari Jumat, 15 Februari 2019 di Ruang 1302 Kampus Pascasarjana. Hadir sebagai narasumber Bapak Irwan Sukardi selaku Business Manager Indonesia Emerald Group Publishing Limited. Kegiatan pelatihan ini dibagi menjadi 3 sesi dan dihadiri oleh 49 peserta yang terdiri dari kalangan mahasiswa/I Program Magister dan Doktoral, Dosen, dan Tenaga Kependidikan.

E-journal kerap dijadikan bahan rujukan dalam proses pembelajaran di perguruan tinggi karena kecepatan, kemudahan dan akses tanpa batas. Memerlukan pengetahuan dalam mengakses e-journal agar informasi yang diperlukan dapat diperoleh dengan cepat dan tepat. Pada bagian awal pelatihan, Bapak Irwan membagikan tips dan trik mengakses e-journal Emerald. Simbol kotak hijau sebagai penanda bahwa artikel full text, artikel yang dapat dijadikan referensi dan yang tidak, fitur sitasi yang terhubung ke reference manager dan tips dalam melakukan pencarian.

Dibagian kedua, Bapak Irwan memaparkan materi mengenai publikasi ke jurnal internasional Emerald. Dimana publikasi ke jurnal, terkadang masih menjadi kendala bagi dosen dan mahasiswa. Bapak Irwan membagikan tips bagaimana memilih jurnal untuk publikasi, membuat cover letter, dan hal lain terkait publikasi ke jurnal internasional.

Selama kegiatan berlangsung, peserta diberikan kesempatan untuk mengajukan pertanyaan. Peserta terlihat antusias mengajukan pertanyaan baik mengenai akses maupun mengenai publikasi ke jurnal internasional. Semoga melalui pelatihan ini sivitas akademika UNPAR semakin memahami cara memanfaatkan e-journal Emerald dan mempublikasi tulisan di jurnal internasional khusunya Emerald. Dan semoga di pelatihan-pelatihan selanjutnya lebih banyak sivitas akademika yang berpartisipasi.