Kelas Literasi Informasi Mahasiswa Program Studi Teknik Kimia: Strategi Penelusuran Sumber Informasi Ilmiah

Penulisan karya Ilmiah sebagai ruang intelektual memerlukan dukungan berbagai Sumber Informasi Ilmiah. Pesatnya perkembangan teknologi informasi dan komunikasi membuat informasi menjadi semakin mudah diperoleh. Situasi ini tidak selalu menjadi kabar baik, tetapi juga sekaligus dapat menyebabkan kebingungan dan kesulitan untuk menemukan informasi yang tepat dan berkualitas.

Menanggapi kondisi ini, Perpustakaan UNPAR berupaya mengambil peran, menggandeng sivitas akademika dalam menemukan sumber informasi yang baik dan tepat, dengan menyelenggarakan kelas Literasi Informasi dengan topik Strategi Penelusuran Sumber Informasi Ilmiah. Kegiatan ini dilaksanakan pada Jumat, 9 April 2021 di ruang virtual Google Meet dan diikuti oleh 76 orang peserta yang merupakan mahasiswa Program Studi Teknik Kimia.

Pada kegiatan ini peserta dikenalkan pada jenis sumber informasi berdasarkan kemutakhiran informasi, berbagai sumber informasi ilmiah berupa jurnal dan buku elektronik baik yang berbayar maupun bebas akses. Selain itu peserta pun diberikan tips bagaimana melakukan pencarian yang efektif dengan menggunakan sintaks dan Boolean operator. Di akhir kegiatan, seluruh peserta mengikuti kuis untuk mereview kembali materi yang telah diberikan.

Sebagian besar peserta menyatakan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat dan berharap perpustakaan lebih sering menyelenggarakan kegiatan serupa dengan topik lainnya guna mendukung proses belajar dan penyusunan tugas akhir mahasiswa.