Anda berada di halaman:

Layanan Sirkulasi

Layanan Sirkulasi mencakup peminjaman, pengembalian, perpanjangan, dan reservasi koleksi. Layanan ini ditujukan khusus bagi internal UNPAR baik itu mahasiswa, dosen dan karyawan yang berstatus aktif. Bagi mahasiswa yang sedang cuti masih tetap dapat mendapatkan layanan sirkulasi.

Ketentuan Peminjaman Koleksi
  • Masa peminjaman
    1. Buku Umum
      Gedung 9 Lantai 2
      Dipinjam selama 14 hari kalender dan dapat diperpanjang sebanyak 3 kali.
    2. Buku Tandon
      Gedung 9 Lantai 2
      Dipinjam selama 3 hari kalender dan dapat diperpanjang sebanyak 3 kali.
    3. CD-ROM
      Gedung 9 Lantai 2
      Dipinjam selama 3 hari kalender dan dapat diperpanjang sebanyak 3 kali.
  • Ketentuan Jumlah Buku yang Dapat Dipinjam
    1. Mahasiswa Diploma dan Sarjana (D3 & S1) dapat meminjam maksimal 3 eksemplar koleksi.
    2. Mahasiswa Magister dan Disertasi (S2 & S3) dapat meminjam maksimal 5 eksemplar koleksi.
    3. Tenaga Kependidikan dapat meminjam maksimal 3 eksemplar koleksi.
    4. Dosen Tetap 12 Jam dapat meminjam maksimal 3 eksemplar koleksi.
    5. Dosen Tetap 24 Jam dapat meminjam maksimal 5 eksemplar koleksi. =
    6. Dosen Tetap 36 Jam dapat meminjam maksimal 10 eksemplar koleksi.
    7. Dosen Kontrak 12 & 24 Jam dapat meminjam  maksimal 3 eksemplar koleksi.
    8. Dosen Kontrak 36 Jam dapat meminjam maksimal 5 eksemplar koleksi.
    9. Dosen Observasi & LB dapat meminjam maksimal 3 eksemplar koleksi.
      Panduan dapat diunduh di sini
Cara Peminjaman Luring / Onsite
  1. Kunjungi Perpustakaan UNPAR di Kampus Ciumbuleuit Gedung 9 Lantai
  2. Lakukan pencarian buku pada katalog online https://library.unpar.ac.id/, cek ketersediaan buku dan catat nomor panggil yang akan dipinjam
    Catatan: jika kesulitan saat menemukan buku bisa meminta bantuan petugas perpustakaan
  3. Temukan buku di rak sesuai dengan nomor panggil buku
  4. Datangi loket layanan sirkulasi dan serahkan buku kepada petugas (sampaikan NPM/Email Unpar)
  5. Petugas akan memproses peminjaman koleksi. Lalu, petugas dan pemustaka menandatangani struk peminjaman.
  6. Buku siap untuk dibawa pulang dan dibaca.

Panduan dapat diunduh di sini  
Ajukan Layanan di sini

Cara Peminjaman Daring / Online
    1. Hubungi petugas perpustakaan melalui email/whatsapp/chat. Sertakan nama, NPM, dan informasi koleksi yang akan dipinjam
    2. Petugas perpustakaan akan mengecek ketersedian buku yang diperlukan
    3. Jika buku tersedia dan dapat dipinjam, petugas akan menanyakan terkait pengambilan buku, yaitu:
      • Diambil ke perpustakaan atau,
      • Dikirim melalui Gosend (gojek)
        Catatan: pembayaran pengiriman ditanggung pemustaka/peminjam
    4. Jika pengambilan buku melalui Gosend, petugas akan memberitahu nominal ongkos pengiriman  dan membagikan live location driver agar dapat juga dipantau oleh pemustaka
    5. Pastikan mengkonfirmasi ke petugas, bahwa buku telah diterima dalam kondisi baik.

Panduan dapat diunduh di sini
Ajukan Layanan di sini

Cara Pengembalian Luring / Onsite
  1. Kunjungi Layanan Sirkulasi atau loket pengembalian. Beritahu keperluanmu dan sampaikan NPM/Email UNPAR kepada petugas perpustakaan
  2. Petugas akan mengecek, apakah ada keterlambatan pengembalian buku.
  3. Jika tidak ada denda atau proses pembayaran denda telah dilakukan. Petugas akan memberikan struk pengembalian agar bisa disimpan oleh pemustaka.
  4. Proses selesai.

Panduan dapat diunduh di sini  
Ajukan Layanan di sini  

Cara Pengembalian Daring / Online
  1. Hubungi staf perpustakaan melalui email/whatsapp/chat. Sertakan nama, NPM, dan informasi koleksi yang akan dikembalikan.
  2. Petugas perpustakaan akan mengecek data pinjaman, menginformasikan denda (jika ada).
  3. Petugas akan menanyakan terkait cara pengembalian buku, yaitu:
      • Janji temu (area kampus) atau
      • Dikirim melalui Gosend (gojek)
        Catatan: pembayaran pengiriman ditanggung pemustaka/peminjam
  4. Untuk pengembalian buku melalui Gosend, pemesanan dan pengiriman dilakukan oleh pemustaka.
  5. Setelah buku diterima, petugas perpustakaan memproses pengembalian koleksi dan menginformasikan kepada pemustaka bahwa pengembalian koleksi telah selesai diproses.

Panduan dapat diunduh di sini
Ajukan Layanan di sini

Cara Perpanjangan Luring / Onsite
  1. Kunjungi Layanan Sirkulasi atau loket pengembalian. Beritahu keperluanmu dan sampaikan NPM/Email UNPAR kepada petugas perpustakaan
  2. Petugas akan mengecek, apabila buku telah direservasi/dipesan oleh pemustaka lain, maka buku tersebut tidak dapat dipinjam kembali
  3. Jika buku tersebut dapat dipinjam kembali/diperpanjang petugas akan memproses perpanjangan
  4. Lalu, petugas dan pemustaka menandatangani struk peminjaman
  5. Buku siap untuk dibawa pulang dan dibaca kembali.

Panduan dapat diunduh di sini  
Ajukan Layanan di sini  

Cara Perpanjangan Daring / Online
  1. Hubungi petugas perpustakaan melalui email/whatsapp/chat. Sertakan nama, NPM, dan informasi koleksi yang akan dipinjam kembali
  2. Petugas perpustakaan memproses perpanjangan koleksi
  3. Petugas perpustakaan menginformasikan kepada pemustaka bahwa perpanjangan masa pinjaman koleksi telah selesai diproses.
    Catatan:
    • Perpanjangan peminjaman koleksi perpustakaan hanya dapat dilakukan untuk koleksi yang sedang dipinjam dan belum jatuh tempo untuk dikembalikan
    • Koleksi yang direservasi oleh pemustaka lain tidak dapat diperpanjang/dipinjam kembali.

Panduan dapat diunduh di sini  
Ajukan Layanan di sini

Cara Reservasi Koleksi

Pemustaka dapat melakukan Reservasi Koleksi yang tersedia di Perpustakaan UNPAR, baik untuk koleksi yang status ketersediaannya tersedia di jajaran rak Perpustakaan atau pun koleksi yang sedang dipinjam oleh pemustaka lain.

Prosedur Reservasi Koleksi

  1. Pastikan ketersediaan koleksi melalui Katalog Online Perpustakaan UNPAR
  2. Catat nomor barcode buku/ koleksi yang Anda butuhkan. Lihat panduan mengenai barcode buku di sini  
  3. Ajukan Reservasi Koleksi melalui Sistem Ticketing Layanan Perpustakaan  
  4. Pilih topik “LP04-Reservasi Koleksi”
Informasi Denda
  1. Keterlambatan Pengembalian Koleksi
    Buku Umum Buku Tandon
    • Rp 500/hari/buku (s.d. 1 bulan keterlambatan)
    • Rp 1.000/hari/buku (setelah lebih dari 1 bulan keterlambatan)
    • Rp 1.000/hari/buku (s.d. 1 bulan keterlambatan)
    • Rp 2.000/hari/buku (setelah lebih dari 1 bulan keterlambatan)
  2. Informasi Penggantian Buku Hilang/ Rusak
    Jika buku yang dipinjam hilang, peminjam menggantinya dengan buku yang sama. Buku pinjaman yang rusak ketika dipinjam, silakan menghubungi staf perpustakaan untuk dilihat terlebih dahulu kerusakannya untuk kemudian akan diinformasikan lebih lanjut terkait penggantian/denda atas kerusakan buku.
  3. Notifikasi Keterlambatan dan Denda
    Perpustakaan secara berkala mengirimkan informasi buku pinjaman yang belum dikembalikan melalui email student. Email pemberitahuan dikirimkan H+1 jatuh tempo tanggal kembali dan setiap awal bulan.