Home / Berita / Pengenalan Perpustakaan Bagi Mahasiswa Baru Fakultas Filsafat Tahun Akademik 2020/2021

Pengenalan Perpustakaan Bagi Mahasiswa Baru Fakultas Filsafat Tahun Akademik 2020/2021

Pengenalan perpustakaan merupakan program tahunan yang diselenggarakan oleh Perpustakaan UNPAR yang diperuntukkan bagi Mahasiswa/i Baru di Universitas Katolik Parahyangan Bandung. Kegiatan Pengenalan perpustakaan tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya, di tahun ini Pengenalan Perpustakaan dilakukan secara online dengan menggunakan Zoom Meeting.

Kegiatan Pengenalan Perpustakaan bertujuan memberikan pengetahuan dasar bagi mahasiswa baru dalam mengenal perpustakaan secara umum, dan khususnya dalam mencari informasi, serta memanfaatkan fasilitas perpustakaan dalam menunjang tugas belajarnya selama kuliah di UNPAR.

Hari pertama kegiatan Pengenalan Perpustakaan, tepatnya pada tanggal 21 September 2020 pukul 13:00-14:30 diikuti oleh Mahasiswa/i Fakultas Filsafat dengan jumlah peserta sebanyak 64 orang. Antusiasme peserta sangat terlihat ketika satu persatu join di Zoom Meeting, antusias peserta membuat suasana menjadi cair dan tidak kaku. Bahkan ada beberapa akun zoom yang jumlah pesertanya lebih dari 1 orang, ibarat mereka sedang Nobar. Hal ini membuat Pemateri sangat bersemangat dalam menyampaikan materi.

Materi yang disampaikan pada Pengenalan Perpustakaan tahun ini terkait Layanan Perpustakaan yang disesuaikan dengan kondisi Adaptasi Kebiasaan Baru dan Pembelajaran Jarak Jauh yang diterapkan di UNPAR. Ada beberapa agenda yang disampaikan pada kegiatan ini, yaitu:

  1. Informasi Umum
  2. Layanan Perpustakaan di Masa Adaptasi Kebiasaan Baru/ Pembelajaran Jarak Jauh
  3. Koleksi Elektronik Perpustakaan UNPAR
  4. Panduan melakukan pencarian di Katalog Online Perpustakaan UNPAR.

Dalam pemaparannya, pemateri memaparkan layanan, fasilitas, koleksi, hak dan kewajiban anggota perpustakaan, serta etika dan tata tertib Perpustakaan UNPAR. Beberapa materi disampaikan menggunakan video, agar lebih mudah dipahami dan diingat oleh peserta. Selain itu, Perpustakaan Unpar juga menyediakan Tur Virtual Perpustakaan Lantai 2 dan 3.

Diakhir presentasi, peserta diajak menyelesaikan soal kuis terkait materi yang disampaikan dengan menggunakan kuis online Quizizz. Peserta dengan skor 3 terbaik mendapatkan merchandise dari Perpustakaan. Dan, tentunya setiap peserta akan mendapatkan sertifikat kepesertaan.

Pada tanggal 26 September, 3 dan 10 Oktober Perpustakaan UNPAR kembali akan mengadakan kegiatan Pengenalan Perpustakaan kepada Mahasiswa/i baru Program Studi lainnya. (DL)