Pustakawan UNPAR Lakukan Kunjungan ke Perpustakaan Perguruan Tinggi di Yogyakarta dan Surabaya

3 (tiga) orang pegawai Perpustakaan UNPAR terdiri dari 2 (dua) orang pustakawan di Divisi Layanan Teknis dan Dokumentasi serta 1 (satu) orang staf Divisi Layanan Digital  pada Kamis-Jumat tanggal 25-26 Mei 2023 melakukan kunjungan ke Perpustakaan Universitas Gadjah Mada, Universitas Sanata Dharma, dan Universitas Atma Jaya Yogyakarta. Kunjungan ini dilaksanakan dalam rangka menimba ilmu dari Perpustakaan Perguruan Tinggi lain terkait Pengelolaan Koleksi Langka dan Inovasi Perpustakaan.

Kunjungan hari pertama dilakukan ke Perpustakaan Universitas Gadjah Mada (UGM). Disini kami diterima oleh Ibu Nawang (Kepala Perpustakaan), Bapak Arif, Bapak Wahyu, Bapak Maryono, bersama staf perpustakaan lain dan dijelaskan mengenai seleksi dan pengelolaan koleksi langka yang berasal dari koleksi Bung Hatta dan hibah koleksi dari alumni yang berisi tentang Jawa Kuno, dan buku-buku berbahasa Belanda tentang wilayah Nusantara.

Setelah itu kunjungan dilanjutkan ke Perpustakaan Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY). Kami melakukan sharing terkait pengelolaan dan inovasi perpustakaan serta diajak berkeliling ke setiap lantai Perpustakaan yang ditata dengan apik dan menarik. 

Di hari kedua, kunjungan dilanjutkan ke Perpustakaan Universitas Sanata Dharma (USD), kami disambut oleh Bapak Suparmo (Kepala Perpustakaan), Bapak Suradi, Ibu Yani dan Bapak Supriyanto. Di Perpustakaan USD kami mendapatkan banyak informasi terkait pengelolaan koleksi langka/ kuno atau khusus, dimana Perpustakaan USD telah melakukan pengelolaan koleksi langka yang disebut dengan Pustaka Kuna, berupa buku, lontar, naskah kuno, microfiche, novel, terbitan berkala, kamus, dan katalog naskah. Kami pun diajak berkeliling melihat setiap lantai dan ruangan yang ada di perpustakaan yang ditata sesuai kebutuhan penggunanya.

Meneruskan misi menimba ilmu dari Perpustakaan Perguruan Tinggi lain, tanggal 29 Mei 2023 1 (satu) orang pustakawan melakukan kunjungan ke Perpustakaan Universitas Kristen Petra (UK Petra) Surabaya, sekaligus menghadiri Librarian Summit yang diselenggarakan oleh FPPTI dan Elsevier. Di Perpustakaan UK Petra, Ibu Prahesti Pustakawan Layanan Teknis dan Dokumentasi, disambut dengan baik oleh Ibu Dian (Kepala Perpustakaan), Bapak Billy, dan Bapak Chandra. Pustakawan UK Petra membagikan informasi terkait pengelolaan Surabaya Memory sebuah inovasi Perpustakaan Petra dalam bentuk inisiatif yang didedikasikan bagi perekaman dan pelestarian pusaka (heritage) kota Surabaya. Mereka juga menjelaskan inovasi yang dilakukan di Perpustakaan UK Petra termasuk penataan desain interior ruang perpustakaan. Selain itu juga berbagi informasi terkait pengembangan dan pengelolaan koleksi perpustakaan.

Dari kunjungan ke empat perpustakaan perguruan tinggi ini, ada banyak informasi yang didapatkan, yang tentunya sangat menginspirasi untuk pengembangan dan pengelolaan Perpustakaan UNPAR yang lebih baik lagi kedepannya.

X